Rute ke Malang dari Surabaya (Jawaban untuk pertanyaan Neng Diah)

Beberapa waktu yang lalu, Neng Diah, Cah Ayu asli Lamongan bertanya kepada saya dengan logat khas Patjirannya, “Mbaak, Rute nak arep nang Malang teko Suroboyo nek ngebis atau numpak kereta piye? Ben aku gak koyok arek ilang.” Kira-kira begini terjemahannya: “Mbak, kalau dari Surabaya mau ke Malang menggunakan Bus atau Kereta rutenya bagaimana? Biar aku nggak kayak orang hilang.” 😀

Dear Diah, tak jawab di sini saja ya…

Jadi, kalau mau naik Bus begini rutenya:

Dari Terminal Purabaya alias Bungurasih, naik Bus ke arah Malang. Bisa naik Bus Patas atau Bus Ekonomi. Saya sih biasanya naik bus Ekonomi AC Restu Panda, tarifnya murah tapi pelayanan lumayan. Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan, turun saja di terminal Arjosari

Kalau naik kereta, saya biasa naik dari Stasiun Gubeng. Pilihan keretanya ada banyak, ada KA Ekonomi Penataran, KA Bima, ada lagi entah apa saya lupa. Tarif dan jadwal bisa dilihat di Website resmi PT. KAI.

Kalau naik kereta turunnya di mana? Nah, untuk menjawab ini tergantung tujuannya maub ke Malang sebelah mana. Kalau ke Malang Kota, turun saja di stasiun kota baru. Kalau mau ke arah Bromo, lebih dekat turun di Stasiun Blimbing.

Jadi Diah, ke mana kita jalan-jalan?

2 thoughts on “Rute ke Malang dari Surabaya (Jawaban untuk pertanyaan Neng Diah)

Leave a comment